Tutorial PHP : Pengenalan PHP

Tutorial PHP : Pengenalan PHP Sebenarnya saya sendiri juga kurang tahu apa kepanjangan dari PHP . Tapi itu bukan menjadi halangan untuk saya menulis artikel ini . Bagi yang belum pernah membuat file PHP , dibawah ini ada langkah - langkah membuatnya . Saya akan mengajari anda tag dasar PHP.Selamat mencoba . . . . . . . . . . . . . !

  1. Siapkan program PHP editor seperti notepad , PHP designer , macromedia dreamweaver , dll . Bila telah ada buka program tersebut . . . ! Kali ini saya menggunakan notepad . . . !
  2. .Ma'af saya lupa memberitahu . . . ! Anda harus punya software xampp karena bila program ini tidak ada , maka file PHP tidak bisa digunakan .
  3. Kemudian copy tulisan dibawah ini . . . !
    <html>
    <head>
    <title>File PHP pertama saya</title>
    </head>
    <body>
    <?PHP
    echo "ini adalah file PHP pertama saya";
    ?>
    </body>
    </html>

    Keterangan :
    *Anda harus mengetikkan perintah PHP diantara tag <?PHP dan ?> .
    *Tag echo pada tulisan diatas berfungsi untuk menampilkan string yang berada diantara tanda kutip 2 .
  4. Lalu simpan file tersebut .
    Perhatian : Anda harus menyimpannya dengan extensi .php . Contoh : Latihan1.php . Anda uga harus menyimpan ini di folder htdocs yang telah terinstal xampp . Folder tersebut ada di dalam folder xampp . Sebelumnya anda harus menghapus 2 file yang bernama index didalam folder htdocs .
  5. Kemudian buka file tersebut dengan program mozilla firefox , internet explorer , atau program lain yang sejenis . Pada address bar ketikan " localhost " agar file yang anda inginkan bisa terbuka .
    Perhatian : *Anda harus membuka program xampp control panel lalu di sebelah kanan tulisan apache pilih button start .

Mudah kan . . . !
Apabila anda belum mengerti atau memiliki saran , silahkan berkomentar . . . !
Terima kasih . . . . !

Leave a Reply